AWAS HYPERANDROGEN! PENYEBAB UTAMA JERAWAT MEMBANDEL PADA WANITA

Maret 01, 2018

Di sepanjang perjalanan hidup manusia, pasti salah satu dari kita mengalami yang namanya masa pubertas. Tidak hanya pada masa pubertas, permasalahan ini sering terjadi pada orang-orang dewasa. Jerawat (acne) adalah salah satu permasalahan kulit wajah yang menjadi musuh para wanita. Jerawat juga merupakan suatu penyakit inflamasi (peradangan) kronik yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan penyakit kulit yang dialami para wanita di rentang usia 15 sampai 25 tahun. Beberapa hari lalu aku diundang oleh pihak Beautynesia, aku mendapatkan banyak ilmu mengenai jerawat di Event Discover New Confidence by Gue Sehat dan Bayer Indonesia. Pembicara kali ini adalah dr. Prama Aditya, B.Med.Sc, M.Kes, AIFO. Beliau merupakan salah satu dokter yang praktik di Klinik Seruni Bandung. Topik yang diangkat pun sangat menarik yaitu Waspadai Hyperandrogen! Penyebab Jerawat pada Wanita. 

Jerawat dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri kita dalam menunjukkan performance. Tahukah kalian kalau banyak sekali penyebab timbulnya jerawat. Kita sering berasumsi jerawat itu munculnya karena minyak yang berlebihan di wajah, makanan yang tidak sehat, dan stress. Tapi tidak hanya itu loh, kalian pernah denger jerawat yang disebabkan oleh hormon? Hiperandrogen merupakan salah satu kelainan hormon yang menyebabkan jerawat pada wanita. Hormon ini dinamakan androgen yang berperan dalam pertumbuhan rambut dan juga kulit. Bagaimana jika hormon ini berlebihan pada tubuh seorang wanita? Terdengar sepele namun ini sangat berpengaruh besar. Penyebab jerawat yang disebabkan oleh hiperandrogen terbagi menjadi dua bagian :
  1. Endogen (internal) : gen (keturunan), kista, gangguan hormon, merokok, stress.
  2. Eksogen (eksternal ) : kosmetik, obat-obatan, dan makanan. 
Salah satu penyebab jerawat hilang timbul dan susah hilang dikarenakan Hiperandrogen. Biasanya kelainan ini dapat dialami 10-20 % manusia dengan ciri-ciri wanita memiliki rambut-rambut halus di area yang tidak semestinya (kumis dan janggut) yang dinamakan Hirsutism. Jika ada 8 area yang memiliki rambut halus di tempat yang tidak semestinya itu bisa dikatakan hiperandrogen. Wanita yang mengalami hal seperti ini psikologisnya akan terganggu menjadi malu dan takut berkumpul dengan orang sekitar. Wanita mengalami hal ini memiliki resiko terkena penyakit kista (PCO) lebih tinggi. Ovarium (indung telur) pada wanita menghasilkan hormon androgen yang sedikit, namun bila hormon androgen berlebihan (hiperandrogen) akibatnya dapat merubah pola menstruasi, pertumbuhan rambut halus lebih cepat, dan jerawat sering muncul. 

Selain itu, ada lagi gejala khas dari Hiperandogen yaitu Alopecia (kebotakan) dan Seborrhea (kulit berminyak. Untuk Alopecia pada wanita biasanya jarang terjadi apabila tidak pernah mengalami kerontokan pada rambut dan hormon androgen tidak berlebih.
Source : Alopecia

Siapa yang sebel rambut dipenuhi ketombe? Seborrhea merupakan suatu inflamasi (peradangan) pada kulit kepala yang menyebabkan kulit kepala bersisik seperti berketombe. Tidak hanya di kepala tapi bisa mengenai bagian wajah dan bagian tubuh lainnya. 
Source : Seborrhea 

Wajib kalian ketahui ada beberapa makanan yang justru dapat memicu meningkatnya hormon androgen seperti tempe, tahu, oncom yang berbahan dasar kedelai.
Jadi gimana nih solusi terbaik agar mencegah atau menyembuhkan jerawat yang disebabkan oleh Hiperandrogen ini? 
  1. Kenal dahulu apakah jerawat ini bernanah (disebabkan oleh bakteri) atau tidak bernanah (alergi makanan atau hiperandrogen).
  2. Cek jenis jerawat terlebih dahulu apakah bruntusan, jerawat matang, atau jerawat batu (hiperandrogen).
  3. Jika jerawat sangat membandel segera konsul ke dokter dan lakukan pemeriksaan laboratorium (hormon).
  4. Bila kalian sudah menikah dokter akan menyarankan untuk kosnumsi pil kb Diane karena dapat menekan jumlah hormon androgen. 
  5. Juga apabila kalian memiliki keluhan seperti Seborrhea akan disarankan untuk mengkonsumsi suplemen (Zinc atau Probiotik) dan wajib diminum sebelum makan.
Dampak Hiperandrogen pada Wanita? Badmood, stress, cemas, depresi, tidak percaya diri, dan suicide tought. 

Buat kalian yang pengen cari tahu lebih dalam tentang Jerawat yang disebabkan oleh hormon dan lainnya, bisa banget langsung baca di website ini. Banyak sekali artikel mengenai kesehatan seperti kehamilan, tumbuh kembang, menstruasi, imunisasi, dan kalian yang pengen diet. Kalian juga bisa loh berkontribusi menuangkan tulisan kalian mengenai kesehatan di Gue Sehat. Mungkin segitu aja sharing pengalamanku kemarin bersama Beautynesia dan Bayer Indonesia semoga bermanfaat dan terbantu dengan artikel ini! ❤

More About Bayer

More About Gue Sehat

More About Beautynesia

You Might Also Like

0 komentar

[REVIEW] MAKE OVER PROFESSIONAL MAKE UP BRUSH (BRUSH KUALITAS HIGH END)

Akhirnya aku punya brush produk lokal, guess what? Bukan cuma decorative atau complexion loh tapi Make Over mulai merambah ke beauty ...