[TIPS] CARA MENJADI BEAUTY BLOGGER (UNTUK PEMULA)

Februari 21, 2018

Kalian pasti udah sering banget aku ikut acara Beautiesquad yang sangat bermanfaat yaitu Ngopi Cantik. Seperti biasa obrolan kita di bahas di grup whatsapp dengan tema yang berbeda-beda. Nah di Ngopi Cantik #5 ini aku berkesempatan ikutan lagi terima kasih banyak buat Beautiesquad. Lalu, tema apa yang akan diangkat kali ini? Berkaitan dengan beauty dan juga menulis tema kali ini yaitu "How To Write a Good Beauty Article". Kak Grisellda Nihardja selaku Kepala Editor dari Beauty Journal akan membagikan ilmu untuk kita agar bisa menulis konten beauty dengan baik. Pembukaan Ngopi Cantik 5 ini dibuka oleh Kak Virly Ka sebagai founder Beautiesquad dan Kak Vina sebagai chief officer Beautiesquad. Kalian excited ngga dengan tema yang diangkat kali ini? Langsung kita simak yuk!

Sebelum ke bahasan kalian yang baca ini pun punya blog dan sudah biasa menulis. Kalo aku sih masih anak bawang jadi masih dalam tahap belajar. Kendala utama yang sering aku hadapi dalam menulis beauty article adalah mentok ide dan pemilihan kata. Memang benar Kak Grisellda pun mengatakan seperti itu. Di Beauty Journal setiap harinya publish sekitar 10 beauty article per hari cukup menguras tenaga dan pikiran dan itu ngga mudah. Terkadang harus lebih ngulik dan lihat di luaran sana apa yang sedang trending. Pertama sosial media pun banyak banget seperti Youtube, Instagram, Twitter, Facebook, Pinterest, dan lainnya. Semua itu bisa kalian manfaatkan untuk mencari ide dan sesuatu yang trending. 

Kedua kalian yang masih sekolah, kerja, atau kuliah pasti punya temen dong ya. Dan biasanya lingkungan sekitar itulah yang sering ngobrolin hal-hal yang lagi trending. Kita bisa menggali juga tuh dari obrolan-obrolan bareng temen untuk dijadikan beauty article. Ketiga di zaman millenial ini Google bisa dibilang sumber dari segala sumber contohnya Google Trends. Walaupun saat kita mencari yang muncul tidak spesifik, tapi setidaknya kita tahu apa yang sedang trending di masyarakat. Keempat untuk ide-ide artikel, kita baiknya mempunyai folder atau file tertentu supaya tulisan kita nantinya tertata. Untuk step selanjutnya kita bisa memulai artikelnya dengan diawali dengan menentukan tipe tulisan kita. Contohnya, review, tips, tutorial, interview, produk rekomendasi. 

  1. Review : sudah pasti kita bakalan bahas dari segi kemasan, tekstur, ingredients, cara pemakaian, pendapat. Misalnya, aku beli lotion dan aku membahas tekstur pasti otomatis kita pun menjelaskan pada pembaca efek yang dirasakan ke kulit bagaimana. Hal-hal detail gini sebenernya yang bikin para pembaca penasaran.
  2. Produk Rekomendasi : misalnya kita kasih tema "Cara Membuat Masker dengan 5 Bahan Alami" tips nya adalah kita harus kasih semudah mungkin. Bagaimana dan dimana kita mendapatkan bahan-bahannya, mudah dicari atau tidak, intinya yang membuat para pembaca tergugah dan mengikuti tips kita dengan mudah. 
  3. Interview : kalo kalian suka dateng ke event pasti suka bikin event report, diusahakan sebelumacara dimulai kita interview dulu narasumber atau orang-orang yang kontribusi di event tersebut. 
Semua artikel yang kita buat harus didukung dengan foto atau video yang menarik agar pembaca ngga bosen. Mungkin diantara kalian masih bingung sebenernya kita harus menulis berapa kata dalam satu artikel? Beauty article minimal memiliki 500-700 kata tapi alangkah lebih baiknya bisa sampai 1200 kata tapi bahasannya yang jelas ya. Nah mungkin segitu aja share ilmu dari Ngopi Cantik #5 dari Beautiesquad bersama Kak Grisellda selaku Kepala Editor Beauty Jounal. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan belajar lebih baik lagi dalam menulis semangat!❤

You Might Also Like

0 komentar

[REVIEW] MAKE OVER PROFESSIONAL MAKE UP BRUSH (BRUSH KUALITAS HIGH END)

Akhirnya aku punya brush produk lokal, guess what? Bukan cuma decorative atau complexion loh tapi Make Over mulai merambah ke beauty ...