CARA MENULIS YANG BAIK DAN BENAR SESUAI EYD BAGI BEAUTY BLOGGER

Januari 18, 2018

Ejaan yang Disempurnakan (EYD ) sudah sering kita pelajari selama di bangku sekolah. Namun, seiring berjalannya zaman Bahasa Indonesia (bahasa kita) kadang menjadi sesuatu yang rancu ketika menulis. Seorang beauty blogger harus memiliki basic menulis yang baik dan benar salah satunya dengan paham akan EYD ini. Kali ini aku berkesempatan mendapatkan ilmu dari Langit Amaravati yang kompeten di bidang ini. Di acara rutin NGOPI CANTIK #4 ini Beautiesquad bersama Langit Amaravati mengangkat tema "Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia bagi Beauty Blogger".

Mengulas kembali tentang Ejaan yang Disempurnakan (EYD) itu apa? EYD merupakan kaidah dalam menggunakan Bahasa Indonesia, baik dalam tata bahasa dan tanda baca. Ada dua sumber ejaan yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Bahasa itu bersifat dinamis makanya sering mengalami revisi. Untuk PUEBI dan KBBI yang terbaru yaitu tahun 2016. Tidak hanya ejaan, dalam PUEBI kita juga harus mempunyai gaya bertutur yang baik. Ketika kita menyampaikan suatu tulisan, setiap orang punya gaya masing-masing dalam menulis seperti santai, serius, humoris. Seperi aku, setiap membuat tulisan pasti selalu menyampaikan tulisan dengan menyebut "kalian" pada para pembaca supaya agak santai. Itulah yang dinamakan gaya bertutur. Karena, aku pribadi ingin memberkan tulisan yang mudah dimengerti oleh pembaca dan beauty blogger memang harus sangat paham akan hal ini.

Mengapa menggunakan tata bahasa sangat penting bagi beauty blogger? Apa yang kamu tulis menunjukkan kredibilias kamu terhadap blogger dan tentunya personal branding. Tulisan yang sesuai dengan tata bahasa pasti akan disenangi oleh brand. Karena, basic yang kita pahami sudah tertuang di dalam tulisan kita. Ingin tulisan kalian berada di peringkat atas Google? Pagerank ini merupakan salah satu manfaat yang kita dapat kalau menulis dengan tata bahasa yang baik. Tulisan seperti ini akan disukai Google dan masuk ke dalam pagerank. Tipsnya adalah hindari penulisan yang salah (typo).  SEO menjadi faktor penting juga di dalam tata bahasa. SEO (Search Engine Optimization) yaitu sebuah mesin pencari tulisan di blog. Nah, tulisan yang kita buat harus bisa di optimalisasikan agar mesin pencari bisa menemukan tulisan kita. Mba Shintaries bilang kalo semakin kita rajin nulis apalagi konten yang kita tulis paling sering dicari ada kemungkinan bisa jadi page 1 di Google. Pasti kan kalian pun pengen tulisannya ada di pagerank Google, teknik yang harus tuangkan dalam tulisan kalian harus oke juga ga boleh asal-asalan.

Baca juga : Apa itu SEO? 

Pembaca akan suka tulisan kalian jika tata bahasa yang digunakan baik dan benar serta sesuaiKarena biasanya tulisan yang serampangan akan membuat para pembaca malas. Monetisasi masuk ke dalam daftar tata bahasa ini, kenapa? Untuk tulisan yang tata bahasanya kruang baik biasanya brand tidak akan suka sehingga harapan untuk di monetisasi pun rendah. Banyak sekali lomba yang didadakan dalam menulis bagi para beauty bloggger, namun apabila tulisan kita tidak sesuai ejaan maka penilaian pun akan berkurang karena menjadi poin penting dalam penilaian.

Lalu, bagaimana cara belajar tata bahasa yang baik dan benar? Dengan harga 100 ribuan kita bisa membeli buku PUEBI yang terbaru, atau kalian bisa mengunduhnya di KBBI Daring. Tips penting yang harus kita tanamkan adalah jangan bosan untuk belajar belajar dan belajar. Biasakan untuk menggunakan tata bahasa yang baik dan benar dalam membuat artikel dan membuat postingan di seluruh media sosial kita. Karena apa yang dilihat oleh pembaca atau brand bukanlah kuantitas melainkan kualitas. 

Untuk kalian yang ingin belajar lebih banyak tentang tata bahasa main main yuk ke Wisata Kata banyak banget ilmu yang bakal didapet loh!

You Might Also Like

0 komentar

REVIEW : EMINA LIP TINT MAGIC POTION (SMITTEN) LIPTINT ALA KOREA RASA LOKAL?

Cewe-cewe Indonesia lagi demam makeup dan banyak sekali Beauty Enthusiast. Berbagai macam brand lokal sedang gencar-gencarnya melakukan ban...