Perbedaan RDL Papaya Whitening Soap Asli dan Palsu [REVIEW]

September 20, 2017

Yups balik lagi sama aku viadewis...
Kali ini aku mau bahas soal sabun ajaib yang menjadi primadona cewe-cewe Indonesia. Brand ini bukan asli lokal namun masih negara tetangga Asia. Berasal dari mana dan brand apa itu? RDL Papaya Whitening Soap merupakan brand kecantikan asli Filipina. Produk ini berasal dari perusaahan RDL Pharmaceutical Laboratory, Inc. 

Kemasan
Inilah kemasan RDL Papaya Whitening Soap sekilas emang biasa aja ga ada yang menarik. Awalnya aku mengira ini sabun buat mandi doang ternyata bisa untuk wajah. Kemasan dus sabunnya seperti sabun batangan pada umumnya di bagian depan tertera nama brand dan produknya. Serta ada beberapa kandungan di dalam sabunnya yang ditulis di kemasan.
Untuk di bagian belakang produk RDL Papaya Whitening Soap ini, tertera nomor barcode, produksi, distribusi nya, serta sertifikasi halal dari Filipina. 
  1. Nomor barcode : 4809010740212, fungsi dari nomor barcode pada produk ini yaitu untuk mengecek apakah produk ini terdaftar atau tidak, serta mengetahui id detail produk.
  2. Nomor BPOM : NA 40170500158, fungsi dari nomor BPOM untuk mengetahui apakah produk ini telah lulus uji aman untuk digunakan atau tidak.
  3. RDL Papaya Whitening Soap ini didistribusikan oleh PT. Amosys Indonesia yang beralamat di Komplek Ruko, Roxy Mas Blok C.1 No. 10-11, Jl. KH Hasyim Ashari No.125, Kel.Cideng, Kec.Gambir, Jakarta Pusat
  4. Sedangkan produksi produknya sendiri berasal dari RDL Pharmaceutical Laboratory, Inc. Catitipan, Diversion Road, Buhangin, Davao City, Philippines 8000.
  5. Sertifikasi halal sudah tertera di kemasannya, namun sayangnya masih sertifikasi halal Filipina bukan Indonesia.
  6. Aku gatau disana tertera logo recycle apa produknya atau kemasannya yang bisa di recycle.

Masih mengenai kemasan, di bagian belakang nya lagi ada keterangan ingredients, cara pemakaian, dan aturan pemakaiannya juga loh jadi ga usah khawatir kebingungan.
Produk yang sudah dikeluarkan masih dibungkus lagi dengan plastik berlogo brand RDL dan tertera tempat dimana RDL Papaya Whitening Soap ini dibuat. 

Tekstur Sabun
Seperti sabun pada umumnya, bentuknya kotak dan berwarna orange melambangkan warna kemasan dan papaya. Di bagian tengah sabun ada logo RDL lagi nih. Tekstur nya sendiri lembut terus wanginya soft ada sensasi bau jeruk. Aku pun aneh judulnya sabun pepaya tapi ko wanginya jeruk. Cuma kayaknya kalo wanginya beneran papaya kebayang ga sih baunya kaya gimana? (bayangin sendiri) wkwk. 

Bahan yang Terkandung
  1. Coconut oil berfungsi sebagai pelembab untuk kulit.
  2. Water berfungsi untuk menghidrasi kulit agar lembab juga.
  3. Sodium hydroxida berfungsi dalam sebagai senyawa kimia yang dapat larut dengan air. 
  4. Fragrance sebagai pewangi sabun.
  5. Mineral oil berfungsi sebagai bahan pelembab untuk kulit.
  6. Carica papaya extract berfungsi untuk mencerahkan kulit.
  7. Tocopheryl berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan sebagai antioksidah senyawa ini sejenis vitamin e.
  8. Ascorbyl palmitate berfungsi mencerahkan kulit dan memproduksi kolagen agar kulit kenyal.
  9. Soya bean oil berfungsi untuk menjadikan kulit bersih dan halus.
  10. Retinyl palmitate berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
  11. Butylated hydroxy toluene berfungsi agar produk tidak cepat tengik/berbau.
  12. Oxybenzone berfungsi sebagai perlindungan dari sinar UVA dan UVB.
  13. CI 45370 merupakan bahan anorganik pewarna produk tetapi aman digunakan dalam kadar tertentu.


Manfaat yang Tertera
  1. Dapat mencerahkan kulit karena mengandung papaya.
  2. Dapat membuat kulit sehat karena mengandung vitamin.
  3. Juga menghindari penuaan dini karena mengandung sunscreen.

Aturan Pemakaian 
  1. Tidak boleh digunakan oleh anak usia di bawah tiga tahun.
  2. Hindari produk ini terkena mata.
  3. Jangan pakai produk ini pada luka yang terbuka.
  4. Hentikan pemakaian kalo terjadi kemerahan serta gatal.
  5. Segera konsultasi ke dokter bila ada keluhan atau gangguan yang muncul.

Ciri-Ciri RDL Papaya Whitening Soap
Asli dan Palsu

 Sempet khawatir juga karena sabun RDL Papaya Whitening Soap ini banyak yang palsunya. Bukan cuma di pasaran tapi di online shop pun udah banyak yang palsunya. Gamau dong muka kita jadi korban makanya aku sempet browsing bedanya yang asli dan palsu. Berikut ciri-ciri nya temen-temen  yaitu :
  1. Teksturnya gampang menyatu dengan air dan lembut ketika dipakai.
  2. Baunya soft tidak menyengat.
  3. Jangan tergiur harga murah lihatlah kualitas nya ya.
  4. Lihat temen yang udah pake RDL Papaya Whitening Soap kalo mereka mengatakan tidak ada keluhan berarti produk asli.
  5. Lihat juga nomor BPOM nya, untuk yang asli akan tertera di kemasan dus nya seperti yang ada di atas.
  6. Beli di seller resmi ingat ya.
Cukup mudah kan mengenali produk RDL Papaya Whitening Soap secara kasat mata. Dari mulai orang awam pun bisa melihat dari ciri-ciri tersebut ya.

Harga
Sekitar 22 ribu untuk di instagram resminya.

Kesan Penggunaan
Setelah beberapa hari menggunakan RDL Papaya Whitening Soap  aku merasa wajah lebih cerah dan kenyal. Aku pun punya kakak yang punya problem jerawat di daerah punggungnya, dia rutin menggunakan produk ini alhasil jerawat nya pun lama kelamaan kempes dan bekas jerawatnya agak memudar. Mungkin di antara kalian punya problem yang sama bisa pake RDL Papaya Whitening Soap.

(+) Kelebihan
  1. Wanginya soft.
  2. Mudah di dapat.
  3. Harga terjangkau.
  4. Terdaftar di BPOM.
  5. Bersertifikat halal Filipina.
  6. Mengandung banyak bahan alami.
(-) Kekurangan
  1. Belum bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Official Store RDL Indonesia
  1. Tokopedia : PT. Amosys Indonesia.
  2. Shopee : PT. Amosys Indonesia.
  3. BukaLapak : PT. Amosys Indonesia.
More About RDL Indonesia

You Might Also Like

6 komentar

  1. wahh harus hati-hati banget ya dalam memilih sebuah produk karena bisa aja itu gak asli.. makasih informasinya kak, sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  2. Waduh...product apapun klau masuk indonesia, mesti bgni ceritanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kita juga sebagai kosumen harus selektif pilih produk apalagi buat wajah ka

      Hapus
  3. Ko saya punya rdl tapi isi cream ny berwarna hitam

    BalasHapus
  4. Untung aja aku ga jadi beli karena harganya 14000 ga mungkin sabun asli harganya semurah itu

    BalasHapus
  5. Kemarin baru nemu rdl papaya susu...

    BalasHapus

Viadewis - Kleveru Organics (Almond Oil, Vitamin E Oil, Deep Cleansing Mask, Anti-Dry Face Mist, Rose Water)

Sangat sulit menemukan produk yang alami dan tentunya aman buat kulit wajah, badan, dan rambut. Baru-baru ini aku dikenalkan dan mencoba ...